Simple Brimmed Baby Hat

Istri dari saudara sepupuku berkata kepada ibuku untuk memintakan aku membuatkan topi untuk si jabang bayi, warnanya biru karena anaknya laki-laki. Topi ini sudah sempat mulai kukerjakan pada 18 Januari 2015 lalu, tapi berhubung karena kesibukan dan lain-lain, terpendinglah pengerjaan topi itu.

Aku sibuk mengerjakan projekan African Flower, finishing dan semuanya. Setelah selesai plus pekerjaan toko yang seabrek-abrek, dan juga rasa malas yang parah menggerogoti, akhirnya aku mulai menyentuhnya lagi dua hari yang lalu. Karena enggak enak juga, mamah sudah telepon nanyain, “Nung, topinya udah jadi belum? Dedenya udah lahiran”

Aku langsung nyengir enggak enak. Hehehe, belum. Dan kemarin akhirnya kukerjakan dan selesai. Sebenarnya kalau niat, cepet selesai, pekerjaan apa pun itu. Ini dia penampakan topi yang sudah jadi.

Dengan Brim Dilipat

Brim Belum Dilipat

Bagi yang mau coba, ini resep sederhananya

Bahan:

Benang SCA alias soft cotton acrylyc 1 gulung (cuma perlu sekitar 60-65 gram)

Stik rajut sirkular 5 mm dan dpn 5 mm untuk membentuk crown

saya enggak cek gaugenya, ini menyusul saja

Caranya:

  • CO 72 tusuk dengan menggunakan stik sirkular, satukan, tempatkan penanda, lalu ribbing K1,P1 sampe kembali ke penanda, terus lakukan ribbing sampai panjang brim sesuai yang diinginkan. Punyaku sekitar 12 cm jadi ketika dilipat jadi 6 cm.

Idealnya, kita menggunakan nomor stik sirkular/DPN yang lebih kecil untuk ribbing ini dan menggantinya dengan yang nomor yang lebih besar ketika masuk ke tusuk stockinette. tetapi berhubung aku enggak nemu stiknya, aku putuskan untuk memakai nomor yang sama antara ribbing dan stockinette. Risikonya, yang tusuk pada ribbing kelihatan lebih besar daripada pada badan stockinett. Tidak apa, karena longgar dan loose, plus elastis, jadi enakeun pasti dipakenya. Hahaha, alasaaan.

  • Setelah ribbing sampai pada panjang yang diinginkan, (punyaku 12 cm kurang lebih) lakukan tusuk knit satu putaran.
  • Tambahkan 8 tusuk menggunakan KFB alias knit front back, caranya liat di sini. Tambahkan Lakukan KFB pada tusuk ke-9. Hmmm gini formulanya kali, ya. K9, KFB, repeat until marker.

penambahan tusuk setelah ribbing tujuannya adalah agar badan topi berbentuk seperti round, jadi bawahnya kecil atasnya lebih bulet, dan terlihat lebih cantik. Itu menurutku, siih.

  • Pada round selanjutnya lakukan tusuk stockinette alias knit sampai sepanjang yang dimau untuk badan topinya. Aku sekitar 12 cm.
  • Ganti sirkular dengan DPN.
  • Mulai lakukan pengurangan tusuk. Bagi menjadi 4, masing-masing 20 tusuk, beri penanda. Setiap dua tusuk sebelum penanda lakukan SSK alias Slip, Slip, Knit. caranya lihat di sini
  • Lakukan sampai tusuk tersisa 12 tusuk lalu langsung Fasten Off, dan jadilah simple brimm baby hat.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s