Tusuk Stroberi

Beberapa waktu yang lalu ramai tentang tusuk stroberi ini. Intinya beberapa komentar dari postingan tersebut mempertanyakan tentang apakah, Iin W. tidak memplagiat tusuk tersebut.

Mungkin, ketika postingan ini sudah tayang, saya yakin akan ada yang beranggapan karena saya teman baiknya, makanya saya mau repot-repot bikin ini. Benar, itu salah satu alasannya, saya memang kenal baik dengan desainer pembuat tusuk stroberi ini. Tetapi perlu diingat, tulisan ini tidak ditujukan untuk membela Mba Iin, saya bahkan tidak memberitahu beliau kalau saya melakukan riset tentangnya dan menulis postingan ini. Saya hanya ingin mencoba menempatkan semuanya sesuai duduk perkaranya dan memuaskan rasa penasaran saya.

Insya Allah, saya menulis ini dengan hati yang sejernih mungkin dan memohon kepada Allah untuk tetap dalam netral dan bisa bersikap seadil mungkin dalam menyikapi semua hal, termasuk hal ini.

Mengapa saya jadi penasaran ingin menelusur sejarah tusuk stroberi? Salah satu alasannya adalah ketika saya membaca banyak komentar yang kurang lebih intinya sebagai berikut.

  1. Tusuk itu sudah lama ada.
  2. Tusuk itu banyak di google, tutorialnya, dan di youtube juga ada.

Ketika saya membaca komentar bahwa tusuk itu sudah lama ada, pertanyaan yang selanjutnya muncul adalah sebagai berikut,

  1. Sudah selama apa? Dua tahun, tiga tahun, lima tahun, 10 tahun yang lalu?
  2. Siapa yang kali pertama mempopulerkannya dan di negara mana, jika memang Mbak Iin dianggap memplagiat dan mengaku-aku tusuk tersebut sebagai hasil desainnya.
  3. Jika ada tutorialnya di youtube pada awal-awal tusuk itu dibuat dan itu dibikin oleh Orang Luar, apakah mungkin, orang tersebut juga mengenal Mbak Iin yang dianggap mengaku-aku tusuk stroberi sebagai tusuk hasil desainnya.

Saya pun mencoba menelusur via google search. Wow, dan memang banyak sekali tutorial tusuk stroberi.

hasil search

 

Banyak, sekali, dan tutorial pertama ada di youtube, dan itu diunggah oleh Margaux Honey pada 1 Juli 2013.

Dari sana muncul pertanyaan baru.

  1. Siapa Margaux Honey?
  2. Apakah dia yang kali pertama mendesain tusuk stroberi?

Saya menelusur informasi mengenai Margaux Honey, ternyata dia adalah Marilyn Smith, dia berteman dengan Mba Iin.

Saya pun bertanya kepadanya, kapan tepatnya tusuk stroberi itu ada dan mulai populer, karena saya melihat tutorial buatannya di youtube. Dan saya bertanya, apakah Mba Iin melakukan plagiarism terhadap tusuk tersebut.

Dia menjawabnya sebagai berikut.

Yeah, I saw that from a Thailander’s blog, her name was Thong, but it was in a tunisian stitch, I did a tutorial in Tunisian stitch, because I figured it in Tunisian stitch, but I do not know the terms, I just know how to do it, then Iin, did the crochet version, and she asked me to edit it, I edited it, and made a tutorial of it too, one in Spanish version and one in English.

well, the one from Thailand is Tunisian crochet. I do not think that is plagiarism since she did in crochet version, plagiarism when she copied someone’s works and words 
and IF someone has a published work about it? 

Dia (Margaux Honey) bahkan bertanya menegaskan apakah itu benar-benar tusuk hasil desainnya, dan Mba Iin menjawab iya.

Akhirnya dari sana, saya melanjutkan berkunjung ke blog Mba Iin untuk melihat cerita asal mula tusuk stroberi.

Postingan ini dipublikasikan pada 5 Agustus 2013, berselang satu bulan dari postingan youtube Margaux Honey. Logikanya, jika keduanya berteman dan saling membantu, maka wajar, jika Margaux Honey membantu mengeteskan dan mengedit tusuk yang dirancang oleh Mba Iin. Lalu membuatnya dan mempublikasikannya di Youtube.

iseng 3

Pada paragraf pertama postingan tersebut dikatakan bahwa Mba Iin terinspirasi dari salah satu blogger Thailand. Itu menggunakan teknik tunisian, sementara Mbak Iin sendiri menggunakan teknik tapestry crochet untuk membuat tusuk stroberi ini. Secara teknik, keduanya berbeda, meskipun hasilnya mirip.

iseng 2

 

Mba Iin sendiri menyebutkan bahwa tusuk itu memang terinspirasi dari Tunisian Crochet, sumber awal tusuk ini ada di website ini  http://www.bloggang.com/viewdiary.php?id=108idea&group=14.

Mungkin memang mirip dari segi hasil akhirnya, tetapi teknik yang digunakan sudah berbeda. Apakah jika sama atau miripnya hasil akhir bisa dijadikan alasan mengatakan bahwa ybs melakukan plagiat.

Simpulannya, Margaux Honey berteman dengan Mba Iin dan dia membantu mengeteskan tusuk stroberi yang sudah dirancang ulang dengan menggunakan teknik tapestry crochet.

Kembali lagi ke bahasan awal, tentang sudah seberapa lama tusuk itu ada. Berdasarkan sistem pencarian di internet menggunakan google search, yang saya sempitkan mulai tahun 2000 dan tahun terakhir 2016, saya mendapat informasi dari sistem pencarian google, bahwa tusuk tersebut terindeks dalam sistem pencarian sejak pertengahan 2013 dan mulai populer sejak 2014-2015. Dan mulai banyak sekali tutorialnya setelah itu. Jika Anda mencari tutorialnya sebelum 2013 dan menemukannya, boleh saya diinformasikan mengenai hal itu.

Nah, saya juga menelusur foto-foto yang beredar di google picture, saya bisa mengenali mana foto yang milik Iin W dan mana yang bukan. Dan sebagian besar foto yang beredar, bahkan di website asing, itu adalah milik Iin W yang sudah diwatermark oleh orang lain.

Sebagai contoh, ada di website www.crochetkingdom.com

dari inet

Bandingkan dengan yang ini dari websitenya Mba Iin,

versi asli

Bisa lihat perbedaannya?

Untuk di website crochetkingdom baru diposting pada 4 hari yang lalu (saya menulis ini 23 April 2016)

ckingdom

Saya juga melihat tutorialnya di website rusia, yup, memang ada

 Crochet-strawberry-pattern3

Watermarknya marietta.ru, tapi coba lihat atasnya.

Lalu ada yang mungkin memberikan foto ini,

Punto-frutilla-patronen

 

Saya coba kunjungi juga websitenya, http://www.mundocrochet.com/crochet-strawberry-stitch-free-pattern-tutorial/

Output memang hampir sama, tetapi jika diperhatikan tahunnya, mundocrochet mengaplot tutorialnya pada 2014. Jadi, apakah itu bisa dikatakan kalau Iin W. plagiat tusuk yang dibuat mundocrochet, sementara tutorial strawberry stitch dibuat oleh Mba Iin pada 2013.

Ada juga yang memperlihatkan foto ini,

litle backpack

Sebenarnya kalau jeli, foto tersebut juga ada di blog Mba Iin pada postingan di link berikut ini

http://crochet-rockstar.blogspot.co.id/2014/05/mum-and-daughters-crochet-bag-and.html

Kalau bilang di google search juga banyak, kalau kita perhatikan lagi lebih jeli, kita bisa tahu mana foto milik Mba Iin, mana yang bukan.

gogel serc

Setiap jenis tusuk menurut saya, pasti mempunyai sejarah. Dan pasti ada lingkaran kecil antara si pembuat tusuk dengan teman-temannya, baik  beberapa orang maupun dalam komunitas.

Mungkin akhirnya, si pembuat tusuknya tidak akan kita kenal, atau bahkan kita tidak akan peduli siapa pencipta tusuknya. Karena, toh, pada akhirnya, tusuk akan menjadi domain umum dan setiap orang bebas berkreasi dengan tusuk itu untuk menciptakan produk rajutan yang cantik.

Contoh kasus, granny square yang populer mendunia itu. Apakah Anda pernah bertanya siapa yang menciptakan granny square yang akhirnya bisa di macem-macem menjadi beragam dan beraneka bentuknya. Meskipun demikian, pasti ada lingkaran kecil komunitas yang menemukan tusuk granny itu. Mereka pasti tahu siapa yang kali pertama membuatnya. Pada gilirannya, informasi siapa pencipta tusuk itu mungkin akan hilang, tetapi ilmunya tidak hilang dan terus tersebar.

Tusuk, dalam dunia knit atau crochet, memang akan menjadi domain umum, tetapi bukan berarti kita tidak mengapresiasi pembuatnya, kan. Kita tetap harus mengapresiasinya dengan baik, siapa pun dia, kita kenal ataupun tidak. Itu akan menjadi amal jariyahnya, Insya Allah.

 Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan menambah ilmu bagi pembacanya. Jika ada yang ingin menambahkan informasi, atau apa pun, saya dengan akan sangat terbuka menerimanya. Karena informasi yang Anda berikan, insya Allah akan lebih memperkaya tulisan ini.
Advertisements

One thought on “Tusuk Stroberi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s